Penelusuran

Menu

Jengkol Makanan Sangat Enak Dari Pesisir Selatan


KulinerAw- Petinggi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat mengaku daerah ditempat mempunyai varietas jengkol (Archidendron pauciflorum) sangat enak se-Indonesia, hal tersebut didapati sesudah dikerjakan riset. 

"Pesisir Selatan mempunyai dua varietas jengkol favorit yaitu bareh serta lokan," kata Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura serta Perkebunan ditempat, Jumsu Trisno di Painan, Sabtu. 

Dia memberikan, kelebihan perasaan ke-2 varietas itu berdasar pada hasil riset yang dikerjakan oleh Balai Riset Buah (Balitbu) Tropika Aripan Sumatera Barat waktu lalu. 


Dari riset itu didapati kandungan amilosa serta kandungan kapur yang terdapat pada daging jengkol lebih unggul bila di banding dengan type jengkol lainnya di Indonesia. 

Diluar itu, ke-2 varietas jengkol adalah type jengkol yang pertama-tama di sertifikasi di Indonesia. 

Spesial kandungan kapur yang ada di jengkol bareh serta lokan punya potensi kecil membuat orang yang mengkosumsinya alami sakit perut. 

Akan tetapi tuturnya dari jumlahnya jengkol type itu di Pesisir Selatan cuma dua batang saja yang dipandang unggul. Walau demikian sekarang ini Balitbu Tropika Aripan Sumatera Barat tengah meningkatkan ke-2 type itu. 

"Sekurang-kurangnya seputar 6.000 bibit dari jengkol ke-2 type itu sudah ditanam di Kecamatan Silaut," katanya. 

Dia mengharap karenanya ada sertifikasi, riset sampai pengembangannya penduduk yang membudidayakan tanaman itu dapat memperoleh pundi-pundi rupiah semakin banyak dari penjualannya bila dibanding dengan awal mulanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar