Penelusuran

Menu

Aw, Semur Jengkol Empuk Betawi


KulinerAw- Bumbu ciri khas semur ialah kecap manis yang digabungkan dengan bermacam bumbu serta rempah yang lain, hingga kuah kental semur berwarna coklat pekat. Begitupun dengan resep membuat semur jengkol Betawi yang asli gurih mantap walau simpel serta tiada santan kesempatan ini. 
Cita perasaan jengkol akan begitu enak terasa bila di proses lewat cara disemur, akan tetapi merebus jengkol memang membutuhkan waktu yang lama supaya betul-betul empuk rata sebelum setelah itu dibuat bersama dengan bumbu semur. 

Sedang langkah merebusnya bersama dengan daun jambu biji adalah salah satunya trik dan tips simpel yang cukuplah menolong banyak menghilangkan berbau jengkol, dan kurangi kandungan toksin dalam jengkol tiada kurangi keunikan kelezatannya. 

Walau ada langkah memasak jengkol tiada berbau, tentu saja sesudah mengonsumsinya kita pun kadang terasa cemas akan dampak berbau mulut ataupun waktu mesti buang air kecil. Buat pencinta atau yang terlatih makan jengkol bahkan juga seringkali jadikan lalapan mentah, kelihatannya tidak sangat meresahkan permasalahan dampak baunya. 

Mengonsumsi timun mentah yang fresh, minum yang banyak serta menyikat gigi cukuplah menolong mangatasi dampak berbau kurang enak sesudah konsumsi jengkol. Langkah yang sangat aman kembali masak serta konsumsilah di dalam rumah sendiri waktu isi waktu berlibur keluarga di dalam rumah. 

Resep Semur Jengkol :

Tidak hanya pun menolong menetralkan berbau jengkol, beberapa aroma rempah yang dipakai dalam bumbu semur membuat masakan makin enak, bahkan juga kita dapat juga meningkatkan cabai pedas untuk memperoleh macam perasaan yang berlainan. 

Bahan serta bumbu : 

  1. 500 gr jengkol 
  2. 1 batang serai digeprek 
  3. 3 cm lengkuas digeprek 
  4. 2 lembar daun jeruk 
  5. 1 lembar daun salam 
  6. 3 butir cengkeh 
  7. 1/2 sdt pala bubuk 
  8. 1/2 sdt garam 
  9. 1/2 sdt lada bubuk (merica/sahang) 
  10. 1/2 sdt kaldu bubuk 
  11. 7 sumber daya manusia kecap manis 
  12. 350 ml air untuk kuah 
  13. Air seperlunya serta 16 lembar daun jambu biji/klutuk untuk rebusan jengkol 
  14. seperlunya minyak untuk menumis bumbu 

Haluskan : 

  1. 5 butir kemiri 
  2. 8 butir bawang merah 
  3. 3 siung bawang putih 
  4. 6 buah cabe merah besar 


Cara Membuat Semur Jengkol: 
  • Kupas kulit jengkol serta bersihkan bersih, lalu rebus dengan air seperlunya bersama dengan 8 lembar daun jambu saat 60 menit. Buang daun jambu serta air rebusan pertama, ubah dengan air serta 8 lembar daun jambu yang baru lantas rebus kembali saat 60 menit sampai jengkol jadi empuk. 
  • Angkat serta tiriskan jengkol, lalu geprek-geprek akan tetapi tak perlu sangat kuat cuma supaya bumbu bisa meresap prima. 
  • Panasi dikit minyak dalam wajan, lantas tumis bumbu halus, daun jeruk, daun salam, cengkeh, lengkuas serta serai sampai harum. Masukan air serta jengkolnya dan aduk rata, sesudah mendidih berikan garam, pala, lada, kaldu bubuk serta kecap manis, aduk rata. 
  • Masak sampai kuah mengental serta cukup surut, janganlah lupa aduk kadang-kadang supaya masak rata. Angkat dari wajan lalu semur jengkol telah siap untuk diberikan. 

1 komentar:

  1. numpang share ya min ^^
    Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus