Penelusuran

Menu

Gohu Ikan Makanan Khas Ternate


KulinerAw- Tahukah Anda, jika Indonesia juga mempunyai beberapa makanan ciri khas yang terbuat dari daging ikan mentah? Salah satunya lokasi yang memilikinya ialah Maluku Utara, terutamanya Ternate. Pada umumnya, kuliner di lokasi Ternate memang banyak di pengaruhi oleh dua lokasi Maluku serta Sulawesi utara. Seperti dalam bahasa keseharian di Ternate, untuk makanan juga mempunyai citarasa ciri khas Maluku serta Sulawesi sisi utara. Perihal ini begitu lumrah, mengingat tempat geografis Ternate yang ada lebih dekat ke Sulawesi utara akan tetapi masih tetap jadi satu lokasi dengan Maluku Utara. 

Salah satunya hasil kuliner ciri khas Ternate yang mirip Sashimi Jepang ini ialah Gohu Ikan. Untuk penyebutan makanan ini, diwajibkan komplet sebab jika kita mengatakan cuma Gohu saja di kuatirkan sama juga dengan makanan ciri khas lainnya dari Sulawesi yang berbentuk rujak papaya muda. Makanan ini ialah hidangan kuliner yang juga sama dengan Ikan Gohu dari pesisir Sulawesi Utara, cuma berlainan di penyebutan nama saja. 

Memiliki bahan basic ikan Tuna atau Cakalang mentah, Gohu Ikan ikut seringkali dimaksud Sashimi Ternate oleh sebagian orang. Langkah membuat makanan ini juga begitu simpel serta gampang untuk dikerjakan. Umumnya Ikan Tuna atau Cakalang dipotong mirip dadu, dicuci lalu diberi dengan garam serta perasan lemon. Sesudah itu, daun kemangi juga dicampurkan serta adonan ini juga didiamkam saat sesaat. Sambil menanti bumbu untuk meresap, Anda bisa mempersiapkan rajangan bawang merah serta cabe rawit yang ditumis dengan dikit minyak kelapa. Sesudah aromanya muncul, jadi tumisan minyak ini langsung dapat disiramkan ke adonan ikan yang telah didiamkan sesaat, lalu Gohu Ikan juga siap untuk diberikan. 

Untuk perasaan, makanan ciri khas Ternate ini tak perlu disangsikan kembali. Meskipun masih tetap berbentuk ikan laut mentah, akan tetapi aroma amis benar-benar tidak rasanya. Berdasar sebagian juru masak yang begitu fasih memasak makanan ini, aroma amis telah hilang dengan sendirinya saat daging ikan digabung perasan lemon serta garam. Diluar itu, tingkat kementahan daging juga menyusut saat didiamkan sesaat. Finalnya ialah waktu minyak kelapa tumisan cabe serta bawang merah disiramkan, Gohu Ikan sebetulnya telah dalam keadaan wajar makan. 

Gohu ikan mempunyai citarasa yang unik. Perasaan asam fresh, gurih serta dikit manis bercampur dengan kenyalnya daging ikan fresh. Makanan ini bukan sekedar nikmat akan tetapi ikut menyehatkan sebab tidak memakai bahan kimia benar-benar. Umumnya, Gohu Ikan jadi makanan pendamping saat Anda nikmati nasi atau bubur sagu. Pastinya, Anda akan tidak sedih nikmati Gohu Ikan ciri khas Ternate ini. Tidak hanya harga nya dapat dijangkau, memasaknya gampang, serta rasa-rasanya juga mengagumkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar