Penelusuran

Menu

Makanan Seram Tapi Enak Lucifer's Fingers


KulinerAw- Makanan langka serta adalah salah satunya makanan termahal dalam dunia ini, mempunyai tiga nama. Nama ilmiahnya ialah Pollicipes pollicipes, tetapi seringkali dimaksud dengan Goose neck barnacle atau Lucifer's fingers. 

Memiliki bentuk memang menyeramkan, sebab seperti jari kehitaman yang diperlengkapi cakar tajam. Bahan makanan ini sangat sulit didapatkan. Tetapi, janganlah ragukan rasa-rasanya. Lucifer's Fingers begitu nikmat walau hanya di rebus saja. 

Bahkan juga, restoran di Portugal atau Spanyol umumnya jual makanan ini di harga seputar Rp 1,7 juta-an per bagian. Salah satunya yang membuat bahan seafood ini demikian langka ialah sebab tidak dapat dibudidayakan. 

Lucifer's fingers hidup melekat di bebatuan karang yang ada di zone intertidal laut Spanyol serta Portugal. Beberapa nelayan yang ingin memanennya, mesti siap mempertaruhkan nyawa ditabrak ombak keras atau menabrak batu karang. Banyak nelayan yang terluka, patah kaki, atau terbenam saat akan ambil bahan makanan ini. 

"Jangan sampai berpaling dari Tuhan saat Anda menyelam untuk Lucifer's fingers. Saat Anda menyelam untuk memperolehnya serta mengubah punggung pada ketidakpastian laut, kemungkinan Anda akan terluka atau terbunuh," tutur penyelam komersial Joao Rosario dikutip dari BBC. 

Pemerintah Portugal sendiri cuma keluarkan lisensi pada 80 penyelam profesional untuk ambil bahan makanan ini. Paket panen harian pun dibatasi sangat banyak 15 kg per penyelam. 

Tetapi, sebab harga nya mahal, banyak nelayan tidak berlisensi yang mengeksploitasi bahan makanan ini. Ditambah lagi, polisi tidak dapat berpatroli saat 24 jam. Masyarakat memandang Lucifer's fingers menjadi "ATM di Laut" sebab satu kilonya dapat di jual 30 sampai 60 euro. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar