Penelusuran

Menu

Beberapa Kopi Unik Di Kota-kota Ini Sunggu Nikmat


KulinerAw- Setiap daerah di Indonesia miliki kopi unik. Langkah penyeduhan serta penyajiannya juga beragam macam. Ada kopi arang sampai kopi yang diberikan dengan gelas terbalik. 

Indonesia jadi salah satunya produsen kopi serta mempunyai banyak type kopi dengan perasaan unik. Di Jogja ada kopi yang diseduh dengan bara arang panas serta di Bukittinggi kopinya malah diseduh dari daun. 

5 kota di Indonesia yang miliki langkah sendiri untuk menyeduh kopi dengan unik:
  • Bukittinggi 

Di Bukittinggi, Sumatera Barat ada Warung Kopi Daun yang menyediakan kopi lewat cara berlainan. Warung Kopi Kawa Daun jadi tempat yang sediakan kopi unik ini. Bukan diseduh dari biji kopi, Kopi Kawa Daun ini diseduh dari daun kopi hingga penampilannya lebih serupa dengan teh. 

Langkah nikmati minuman ini pula bukan dengan gelas, tetapi batok kelapa hingga aroma serta rasa-rasanya lebih harum. Menurut narasi, konon tuturnya kopi yang dibikin dari daun ini telah diketahui penduduk Minangkabau semenjak beberapa ratus tahun kemarin. Sebab biji kopi mesti di jual pada Belanda, hingga penduduk yang ingin menikmatinya cuma dapat rasakan aroma kopi dari daunnya. 
  • Yogyakarta 

Jika ke Yogyakarta janganlah lupa singgah ke angkringan yang berada di dekat stasiun kereta api Tugu serta beberapa tempat di Jogja. Biji kopi yang biasa dipakai untuk mengolah kopi joss ini dihadirkan dari Klaten. 

Penjual menyangrai biji kopi sendiri serta ditumbuk sampai halus. Perihal ini dikerjakan supaya aroma serta perasaan kopinya masih enak. Diluar itu, air rebusannya pun dibuat dengan tungku bermakna bara api lantas diambil arangnya serta diketuk-ketuk supaya debu-debunya tersisih. 

Kopi yang diseduh dengan air panas lalu siap untuk dimasukkan arang api. Tampak kopi meletup-letup waktu bara api dari arang bersentuhan dengan kopi. Arang yang di celupkan ini mesti datang dari arang kayu, umumnya penjual kopi joss memakai kayu yang banyak didapati di Kalimantan. 
  • Aceh 

Aceh diketahui miliki type kopi yang telah populer dalam dunia yakni Aceh Gayo. Daerah ini nyatanya pun miliki cara-cara unik dalam menyediakan kopi. Diantaranya ialah kopi sanger yang dibikin oleh seseorang joki. 

Sang joki akan menyeduh kopi lewat cara disaring dengan saringan spesial serta ditarik seringkali. Seduhan kopi ini pula semakin enak di nikmati dengan penambahan susu kental manis. 

Ada pula kopi khop. Kopu khop ciri khas Aceh ini diberikan lewat cara terbalik. Untuk menikmatinya, Anda tidak diperbolehkan mengubah kembali kopinya sebelum isi kopi habis. Langkah minumnya yaitu dengan menyesap kopi yang merembes keluarh perlahan-lahan. 
  • Tulungagung 

Kopi ijo atau kopi hijau ini datang dari Tulungagung, Jawa Timur. Kopi ini diketahui mempunyai warna yang lebih pucat dari kopi biasanya. 

Untuk menyeduhnya, kopi butuh disangrai dengan wadah tanah liat serta dibakar di atas tungku kayu bakar hingga akan membuahkan aroma yang enak. 

Kedai Angkringanku ialah salah satunya warung yang sediakan kopi ijo. Bahkan juga Presiden Jokowi sempat hadir serta mencicip kopi ijo ini. Di jual dengan harga terjangkau, kopi ijo yang telah diracik jadi cappuccino ini cuma di jual Rp 4 ribu saja. 
  • Gresik 

Dimaksud dengan kopi kasar atau kopi kopyok. Dimaksud kopi kopyok sebab bubuk kopi yang dipakai dari biji kopi ini ialah type Java Coffee yang ditumbuk kasar. Serbuk kopi yang masih tetap kasar di taruh dalam cangkir keramik lalu dituang dengan air mendidih. 

Konon air yang dipakai umumnya diambil dari air sumur bor yang telah di rebus 3 kali. Air mendidih yang tercampur dalam serbuk kopi akan membuat bubuk kopi mumbul atau naik ke atas. 

Perasaan kopinya cukup masam serta pahit hingga butuh di nikmati dengan susu kental manis atau cairan gula. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar