Penelusuran

Menu

Nyale, Cacing Laut yang Gurih Enak Makanan Ciri khas Suku Sasak


KulinerAw- Nyale adalah panggilan untuk cacing laut yang terdapat banyak di perairan Lombok, NTB. Tidak cuma sisi dari kebiasaan, nyale pun sering jadikan makanan enak.

Suku Sasak di Lombok, Nusa Tenggara Barat miliki kebiasaan unik mencari cacing laut. Kebiasaan yang diketahui dengan panggilan Berbau Nyale ini tetap diselenggarakan tiap-tiap tanggal 20 bulan 10 pada kalender Suku Sasak. Tanggal ini bersamaan di hari ini, 24 Februari 2019.

Dalam bahasa Indonesia, Berbau Nyale ini berarti mencari nyale, cacing laut yang tampil di pesisir laut pulau Lombok. Kebiasaan unik ini berjalan tiap-tiap tahun dengan turun temurun. Tiap-tiap tahunnya ada beberapa ratus orang yang menjejali pantai untuk dapat memperoleh cacing laut yang banyaknya beberapa ribu.

Bukan sembarang cacing, penduduk Lombok yakin jika nyale ialah jelmaan Putri Mandalika yang berparas cantik. Putri ini menjadi cacing sesudah menceburkan diri ke laut sebab hindari peperangan antar pangeran yang merebutkan dianya.

Lepas dari benar atau tidaknya, legenda Putri Mandalika buktinya membuat beberapa orang tertarik pada kebiasaan Berbau Nyale. Akhirnya beberapa ratus orang berbondong menceburkan diri ke laut untuk dapat mendapatkan cacing laut.

Walau berupa seperti cacing biasa tetapi nyale mempunyai warna kulit yang bermacam. Warnanya hijau, oranye sampai merah dengan kulit licin mengilap. Jika disatukan akan tampak gabungan warna yang cantik.

Tahun ini Festival Berbau Nyale terpusat di Pantai Seger Mandalika, Kute Lombok. Nah jika telah bisa nyale, umumnya penduduk akan mengolahnya jadi makanan enak.

Nyale biasa dibuat jadi beberapa sajian. Contohnya dibuat jadi sajian berkuah santan, jadikan pepes atau digabung dengan sambal. Sambal nyale di Lombok diketahui dengan panggilan Bokosawu Nyale.

Untuk bikin sambal nyale, umumnya dipakai kombinasi daun kemangi serta air jeruk purut. Tetapi ada pula sambal masak yang dibuat dengan kombinasi kelapa parut sangrai, namanya Nyale Pa'dongo.

Penduduk Lombok malah terlatih memakan nyale dalam kondisi hidup serta mentah. Nyale fresh yang barusan diamankan disadari mempunyai perasaan manis. Tetapi jika tidak biasa memakan mentah, coba cicip nyale masak saja yang beritanya pun tidak kalah enak.

Tidak hanya enak, nyale pun memiliki kandungan gizi tinggi. Protein dalam nyale bahkan juga menaklukkan protein telur ayam serta susu sapi. Nyale pun memiliki kandungan karbohidrat, fosfor serta zat besi yang tinggi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar