Penelusuran

Menu

Cara Membuat & Resep Gulali Rambut Nenek


KulinerAw- Teknik membuat Gulali Rambut Nenek jajanan semasa kecil tidak sulit, yang penting dibarengi cara-caranya dengan cermat ya. 


Beberapa bahan:

Bahan 1
  • 250 gr Tepung ketan, atau tepung gandum, atau tepung terigu atau tepung beras atau tepung jagung bisa 
  • 2 sumber daya manusia. susu bubuk [opsional] 

Bahan2 
  • 250 gr gula pasir 
  • 200 ml air 
  • Pewarna makanan sesuai dengan hasrat [bisa dilewatkan] 
  • 1/4 sdt Citrun atau ½ sdt perasan jeruk nipis atau ¼ sdt. cuka 

Langkah: 
  1. Sangrai bahan A sampai harum, matikan kompor. Seterusnya tuangkan tepung terigu yang telah disangrai itu ke atas wadah yang lebar seperti loyang untuk bikin kue. Taburkan dengan rata serta diamkan sampai panasnya lenyap. Sekalian menanti dingin, saat ini kita membuat adonan gulalinya. 
  2. Campur semua bahan B. Kemudian masak memakai api sedang sekalian terus diaduk sampai mendidih. Terus dibuat sampai berbusa serta cukup kental kurang lebih 8-10 menit. Tetapi untuk session ini sesudah mendidih, cukup aduk kadang-kadang ya. Jadi jika telah mendidih jangan sering-sering diaduk supaya gula tidak mengkristal. 
  3. Untuk tahu apa gulanya cukup sudah kental atau belum yakni: saat telah mendidih serta berbusa. Matikan kompor, terus diaduk-aduk bila busanya cepat hilang bermakna adonan masih cair jadi silakan dibuat . Tetapi bila kompornya telah mati, terus diaduk-aduk busanya lama lenyap bermakna adonan telah cocok tingkat kekentalannya. Jadi dapat disebutkan telah jadi Gulali. 
  4. Aduk sampai busa hilang serta jadi bening. Angkat wajan itu lalu tuangkan adonan gulali panas ke wajan lain yang telah diletakkan di atas bak berisi air. Diamkan gulali sampai kental serta cukup mengeras. 
  5. Sesudah mengental serta cukup mengeras mengambil adonan seperlunya lalu bentuk melingkar seperti karet gelang. Lalu gulingkan ke atas tepung susu yang telah disangrai barusan sekalian terus lipat lagi serta dipilin lagi lalu ditarik. Jadi demikian terus sampai berupa jadi seperti rambut nenek. 
  6. Penggunaaan susu bubuk itu opsional serta cukup dikit saja. Jadi, pemakaian tepungnya tetep harus semakin banyak ya, sebab bila umumnya memakai susu bubuk karena itu sesaat saja Gulali Rambut Neneknya jadi lengket serta menyatu . Karenanya, jika ingin lebih awet serta kesat teksturnya silakan ditinggalkan saja pemakaian susu bubuknya. 
  7. Pemakaian citric acid harus sesuai dengan ukuran ya, sebab bila umumnya ya hasilnya gulali jadi sulit mengeras. Tetapi bila ditinggalkan Gulalinya jadi cepat mengeras. Karenanya yakinkan sesuai dengan ukuran. 
  8. Sebab ini type Gulali rambut nenek yang basah, bukan yang kering.. Jadi langkah menyimpannya sesudah dibuat silakan diletakkan dimulut kita ya, alias langsung dikonsumsi hehe.. tetapi jika ingin dikonsumsi nanti-nanti silakan diletakkan di wadah tertutup. Bila ingin membuat Rambut nenek type kering karena itu untuk lumurannya itu adonannya memakai kombinasi tepung serta minyak, dan juga ada takarannya ya, ada panduan serta trick-nya juga. Kapan-kapan saya bagi yang versus Kering ya. 

TERSEDIA APLIKASI LIVECHAT 
KLIK DI BAWAH INI!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar